Breaking

Jumat, 14 Oktober 2016

Ada Piramida Di Amerika Serikat : Kincaid Mounds



Ada Piramida Di Amerika Serikat : Kincaid Mounds

Piramida merupakan bangunan peninggalan peradaban kuno yang struktur bangunannya mengundang decak kagum bagi gerasi sekarang. Banyak misteri berkaitan dengan cara pembuatan Piramida yang masih menarik perhatian para ilmuwan.

Piramida yang paling terkenal di dunia adalah piramida peninggalan bangsa Mesir kuno yang terdapat di Mesir serta Piramida peninggalan bangsa Maya yang terdapat di Mexico. Masih menjadi pertanyaan bagaimana ide pembuatan Piramida di Mesir dan Benua Amerika bisa menyebar mengingat kontak dunia luar dengan peradaban di Benua Amerika baru benar-benar dimulai pada era abad 15 (era penjelajahan bangsa Eropa). Kita hanya bisa menyebutnya “ide yang sama ditempat yang berbeda”. Dibeberapa daerah lain didunia termasuk Indonesia juga terdapat struktur bangunan kuno berbentuk Piramida dengan kekhasan masing-masing. Di Indonesia misalnya struktur Piramida lebih dikenal dengan nama Candi Sukuh, sedangkan di Spanyol, Iran, Yunani, Nigeria, Cina dan Bosnia juga terdapat beberapa objek bangunan atau bukit yang diperkirakan merupakan struktur Piramida.

Sepertinya ada informasi yang hilang bagi generasi era abad 15 Masehi tentang bagaimana pola interaksi antar satu daerah dan daerah lainnya di dunia jika melihat dengan penyebaran pembuatan Piramida yang menyebar hampir di seluruh dunia. Disinilah letak serunya pengkajian tentang Piramida. Disinilah serunya sejarah, karena ada misteri yang menggelitik rasa penasaran dihati orang-orang yang berfikir tentang masa lalu dan memiliki visi masa depan.
Penemuan Piramida di suatu negara bisa memberikan kebanggan bagi negara modern tempat berdirinya Piramida kuno. Mesir dan China misalnya, dengan peninggalan peradaban yang gemilang membuat mereka termotivasi untuk selalu berkarya agar dapat menyamai peradaban kuno para leluhur mereka yang pernah memegang hegemoni dunia atau kawasan disekitarnya pada masa lalu. Kejayaan sejarah masa lampau bisa dikaitkan menjadi motivasi tersendiri misalnya bagi generasi mendatang agar tetap harus rajin belajar, karena nenek moyang mereka terdahulu merupakan orang-orang yang cerdas, tentulah sebagai anak cucu mereka kita harus merasa malu jika tidak mengikuti kecerdasan mereka, itupun kalau kita benar-benar mau mengakui sebagai cucu dari para pendahulu yang cerdas-cerdas itu.

Kini hampir seluruh negara di dunia mulai meneliti bukit atau gunung yang memiliki bentuk mencurigakan seperti Piramida. Karena Piramida yang sudah berumur ratusan atau ribuan tahun biasanya dimasa sekarang ditutupi oleh pasir dan pepohonan yang lebat, sehingga beberapa bukit atau gunung yang kelihatan terlalu lurus sudut-sudutnya dicurigai sebagai bangunan megah peninggalan masa lampau.


Kincaid Mounds Illinois, Amerika Serikat


Dalam hal ini tak ketinggalan juga Amerika Serikat yang menemukan objek-objek yang dicurigai sebagai Piramida di kawasan Illinois. Setelah melalui penelitian yang seksama akhirnya kawasan Kincaid Mounds dijadikan sebagai “national heritage” Amerika Serikat karena diperkirakan gundukan-gundukan tanah yang ada disana merupakan peninggalan bangunan lama (Piramida) yang dibangun oleh masyarakat Missisipi era pra sejarah.

Kawasan Kincaid Mounds juga diperkirakan sebagai pusat peradaban dan perdagangan masyarakat Missisipi kuno. Sehingga kawasan itu pada tahun 1964 dijadikan “national historic landmark” sebagai peradaban tua Amerika Serikat.


ilustrasi suasan kota kuno di Illinois suatu ketika dulu


Piramida Kincaid diperkirakan dibangun pada Era abad 11 hingga 14 Masehi. Sedangkan peradaban tua dikawasan tersebut diperkirakan telah dimulai pada 1000 SM dan kawasan itu memang telah diperkirakan telah menarik para manusia lampau untuk disinggahi atau didiami dalam tempo tertentu sejah 8000 SM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar