Breaking

Rabu, 03 Mei 2017

Cara Membuat Kerajinan Kap Lampu dari Batok Kelapa yang Simple

Cara Membuat Kerajinan Kap Lampu dari Batok Kelapa yang Simple - lampu berfungsi sebagai penerangan dalam ruang tetapi secara tidak langsung kita pasti mengamati bentuk lampu tersebut dan kebanyakan orang tidak memperdulikan bentuk lampu. Jadi dengan adanya Kap lampu, membantu keindahan dalam ruangan anda apa bila memiliki kap lampu yang berbentuk unik.

Kap lampu banyak terbuat dari plastik, tapi masih jarang yang terbuat dari batok kelapa. di beberapa tempat memang sudah menjual kap lampu dari batok kelapa dan hasilnya sangat bagus. karena sang pengrajin tersendiri memperhatikan secara detail desain kap lampu yang terbuat dari batok kelapa tersebut. Disini saya akan membahas cara membuat kap lampu dari batok kelapa yang desainnya lebih simple.

Kita bisa mencari insparasi bentuk atau model kap lampu yang kita buat digoogle. tetapi disini kita akan mencoba pola yang simple. fungsi kap lampu yang kita akan buat adalah lampu tidur. karena cahaya nya tidak terlalu terang dan sangat cocok untuk kamar anak anak. bagi teman teman yang
takut gelap lampu tidur sangat cocok untuk menemani tidur.

Tahukah teman teman, bahwa air kelapa muda memiliki banyak manfaat? selain menghilangkan dehidrasi, air kelapa muda juga bisa mengurangi penuaan, baik untuk ibu hamil, penting kesehatan kulit, baik untuk pencernaaan, mengontrok diabetes, sebagai antioksidan, dan untuk mengurangi tekanan darah tinggi.
Cara Membuat Kap Lampu dari Batok Kelapa yang Simple

ada banyak cara memanfaatkan batok kelapa, salah satunya denga  membuat kerajinan dar batok kelapa tersebut, kerajinan yang bisa dibuat dari batok kelapa bervariasi, tergantung kreatifitas anda masing-masing. dahulu, batok kelapa sering dibuat mainan enggrang, yang diberi lubang diberi tali, atau batok kelapa sisa hanya untuk dibakar saja. kerajinan dari batok kelapa yang diminati adalah cara membuat kap lampu dari batok kelapa. batok kelap cocok jadi hiasan lampu meja yang menghias dikamar anda, dan bisa juga kerajinan batok kelapa yang dibuat dengan rapi memiliki nilai jual.

Cara Membuat Kerajinan Kap Lampu dari Batok Kelapa yang Simple 

sebelum kita mulai membahas cara membuat kerajinan kap lampu dari batok kelapa, pikirkan dahulu pola atau desain yang akan dibuat menjadi kap lampu, kap lampu yang bagus menggunakan desain yangs sederhana namu terlihat jelas, yang saya saran kan dengan pola berbentuk bintang yang paling muda dibuat, mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan untuk cara membuat kerajinan kap lampu dari batok kelapa. berikut dibawah ini alat dan bahan cara membuat kerajinan kap lampu dari batok kelapa yang simple.

 alat dan bahan cara membuat kerajinan kap lampu dari batok kelapa yang simple:
  • Batok Kelapa dengan ukuran sedang.
  • Bor untuk melubangi batok kelapa.
  • Amplas.
  • Satu set lampu.
  • Lem kayu. 
  • Gergaji.
langkah pertama adalah membersihkan batok kelapa dengan menggunakan amplas hinngga halus, lakukan secara pelan pelan dan teliti agar permukaan batok kelapa benar benar halus dan siap dilubangi dengan bor.

langkah kedua, belah batok kelapa menjadi dua agar lebih mudah untuk dilubangi dan pemasangan lampu nanti. dalam membelah batok gunakan gergaji agar hasil menjadi halus. bersihkan dari serbuk gergaji.

Langkah ketiga, sebelum kita melubangi batok kelapa, carilah pola yang menurut anda bagus. bisa dicari di google atau bisa dengan pola huruf inisial nama anda sendiri. lubangi batok kelapa dengan pola yang anda inginkan. lakukan perlahan agar batok kelapa tidak mudah patah atau rusak. lubangi bagian atas batok kelapa untuk fitting lampu.

Langkah ketiga, bersihkan kembali batok kelapa setelah dibor, amplas lagi agar lebih halus dan rapi. bila ingin dibuat lebih mengkilap, boleh divernis dulu agar mengkilap dan lebih bersih.

Langkah Keempat setelah vernis kering, pasang fitting lampu pada lubang batok kelapa. potong kayu unutk alas lampu, boleh berbentuk lingkaran saja atau dibentuk pla yang anda inginkan asal seimbang.

Langkah Kelimat buat kak untuk kap lampu dan lem kayu pada atas alas yang sudah anda buat tadi. tutup batok kelapa dan lem agar merekat. kap lampu dari batok kelapa sudah jadi.

ada banyak cara membuat kerajinan kap lampu dari batok kelapa yang simple, diatas adalah cara yang paling mudah, namun untuk desain dan pola itu tergantung anda, bila anda menginginkan pola yang lebih rumit dan desain yang lebih bagus ada banyak refensi yang bisa anda cari di internet, begitu juga cara membuat kerajinan tangan yang lain, bila anda tertarik membuat kerajinan tangan dari koran bekas silahkan cek link dibawah ini

10 kerajinan tangan dari koran bekas yang mudah dibuat
bila langkah-langkah sayan terlalu sulit untuk diikuti saya beri referensi lain cara membuat kerajinan dari batok kelapa yang simple, silhakan simak video dibawah ini

Sekian dari saya sampaikan cara membuat kap lampu dari batok kelapa yang simple, semoga artikel saya diatas bermanfaat bagi anda, bila menurut anda artikel ini menarik, silahkan share link saya kepada teman-teman anda, terimakasih sudah berkunjung diblog saya dan selamat mencoba. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar