Breaking

Senin, 01 Mei 2017

Cara Membuat Miniatur Pesawat Dari Kardus Bekas

Cara Membuat Miniatur Pesawat dari Kardus Bekas - Pesawat terbang adalah transportasi udara yang memiliki bobot lebih dari udara dan  memiliki tenaga tersendiri untuk terbang. biasa disebut dengan kapal terbang atau pesawat terbang. cukup dengan pesawat juga didefinisikan dengan kendaraan yang mampu terbang di udara atau di atmosfer. namun istilah pesawat udara lebih luas pengertiannya karena helikopter juga termasuk pesawat udara.

percobaan pertama pesawat terbang adalah Wright bersaudara dengan hasil rancangan tersendiri yang dinamai flyer dan diluncurkan pada tahun 1903 di amerika serikat. selain Wright bersaudara masih ada penemu lain yang tercatat dalam sejarah, yaitu Samuel F Cody yang mencoba model pesawat nya di lapangan Farnborough pada tahun 1910 di inggris.

Pesawat terbang berkembang seiring berjalannya waktu dan berubah-rubah modelnya. banyak nya kecelakaan pesawat terbang mendorong manusia untuk membuat pesawat yang lebih aman dan jauh dari bahaya-bahaya yang akan dijumpai. dengan penemuan black box, yaitu alat yang berfungsi merekam percakapan antara pilot dan co-pilot saat berada di cockpit, dengan begitu bila terjadi kecelakaan maka rekaman black box membantu menganalisa penyebab kecelakaan dan memberi solusi untuk menghindari kecelakaan yang sama

miniatur pesawat diminati untuk beberapa individu, dan sedikit dari anak-anak yang menyukai miniatur pesawat. pengenalan trasportasi terbang sejak dini akan meningkatkan minat anak-anak terhadap pesawat terbang. memang kebanyakan anak-anak jaman sekarang lebih tertarik dengan permainan video game dan jarang sekali bermain dengan mainan yang ada, dan anak-anak jaman sekarang tidak tau betapa asyiknya merakit mainan sendiri.
Cara Membuat Miniatur Pesawat Dari Kardus Bekas

Cara membuat miniatur pesawat dari kardus bekas sangatlah mudah sekali, namun beda lagi bila anda ingin membuat miniatur pesawat yang bisa terbang. agar miniatur pesawat benar-benar bisa terbang dibutuhkan banyak modifikasi dan alat-alat electronik yang dibutuhkan dan motor kecil penggerak baling-baling. bila anda berniat membuat miniatur pesawat yang bisa terbang, bisa anda lihat di video dibawah nanti.

Ada banyak jenis pesawat dari ukuran yang paling keci sampai besar, dari berfungsi untuk penumpang sampai berfungsi khusus untuk barang. pesawat terbang berkontribusi besar dalam bidang trasnportasi. kemampuan pesawat terbang yang mampu mengirim barang ditempat yang jauh dalam jangka waktu yang relatif cepat ketimbang trasnportasi lainnya. dengan ada banyaknya jenis pesawat,  maka pesawat terbang diklasifikasi berdasarkan fungsi dan tujuan pesawat tersebut.

pesawat terbang memiliki banyak klasifikasi antara lain:
  • Pesawat Penumpang sipil adalah pesawat yang dikhususkan untuk mengangkut penumpang dan memiliki kapasitas yang berbeda beda seperti contoh: Airbus, Boeing, Antonov, Comac, Dirgantara.
  • Pesawat Experimental adalah pesawat yang sedang mengalami percobaan dan bentuk bentuknya sedikit berbeda dan istimewa
  • Pesawat Militer adalah pesawat yang dibuat untuk kepentingan militer dan masih dibagi menjadi 3 yaitu Pesawat Tempur, Pesawat Intai, dan Pesawat Latih Tempur
  • Pesawat angkut adalah pesawat yang berfungsi untuk mengangkut barang dari jarak yang lebih jauh dan ruang dalam pesawat angkut sangat luas untuk mengangkut barang. 
Baca juga : Cara Membuat Kapal Layar dari Koran Bekas

Cara Membuat Miniatur Pesawat dari Kardus Bekas

Dari banyak nya jenis jenis pesawat terbang kita akan mengambil model pesawat tempur untuk kita rakit dari kardus bekas yang kita potong potong menjadi bentuk yang sama dengan bagian bagian pesawat tempur seperti bagian sayap, badan pesawat, ekor pesawat, dan kepala pesawat. dengan bahan baku kerdus yang mudah dicari cara cara dibawah ini akan membantu anda dalam membuat miniatur pesawat dari kardus bekas.

Sebelum saya membahas cara membuat miniatur pesawat dari kardus bekas kita akan membahas bagaimana alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat miniatur pesawat dan merencankan ukuran dalam membuat miniatur pesawat, miniatur pesawat memiliki beberapa bagian yang perlu diperhatikan seperti bagian sayap dan moncong pesawat, untuk bagian moncong memang agak sulit dibuat namun saya yakin anda bisa menemukan jalan keluarnya sendiri. Berikut dibawah ini bahan dan alat cara membuat miniatur pesawat dari kardus bekas.

Bahan dan Alat:
  • Kardus Bekas (kalo bisa cari yang lebih tipis).
  • Gunting.
  • Lem Kertas.
  • Pensil
  • Penggaris
Pertama mari kita gambar bagian tubuh pesawat tanpa sayap dan tanpa kepala. lalu kita gambar bagian lain seperti sepasang sayap kiri dan kanan, ekor pesawat dan beberapa persegi panjang yang kecil untuk mesin pendorongnya.

setelah kita potong masing-masing bagian, kita akan mulai pada tahap merakit. siapkan potongan tubuh miniatur pesawat dan kita akan memasang bagian sayap kanan dan sayap kiri yang berbentuk trapesium. kita rekatkan kedua sisi sayap pada tubuh miniatur pesawat.

setelah itu kita akan membuat kepala pesawat dengan membuat bentuk corong dari kardus yang ktia rekatkan dengan lem lalu ktia potong alas corong untuk ruang tubuh pesawat lalu kita rekatkan kepala dan tubuh pesawat. tambahkan potongan setengah bola pada bagian kepala utnuk kokpit pesawat.

setelah itu kita akan pasang bentuk trapesium lainnya untuk ekor pesawat. rekatkan pada bagian belakang tubuh pesawat di atas sisi kiri dan kanan. lalu tambahkan lagi pada sisi kiri dan kanan belakang tubuh pesawat secara horizontal.

pada tahap ini keseluruhan miniatur pesawat sudah hampir jadi. pada tahap terakhir ini kita akan memasang mesin pendorong pada bagian belakang dengan cara membuat tabung dari kardus lalu kita potong potong alas tabung dan kita rekatkan pada bokong pesawat.

dengan begini anda berhasil membuat miniatur pesawat dari kardus bekas, yak bentuknya sangat sederhana dan saya yakin anda bisa membuat nya dengan mudah dan tidak kesusahan, yang perlu diperhatikan adalah kerapian menggunakan lem agar miniatur pesawat tidak terlihat kotor dan terlihat rapi dan bagus. 

cara membaut miniatur pesawat dari kardus sudah saya sampaikan, bila anda kurang tertantang dengan cara membuat miniatur pesawat dari kardus bekas, anda bisa mencoba cara membuat miniatur pesawat dari kardus bekas yang bisa terbang, dengan menambahkan baling-baling, motor, dan transmitter receiver agar bisa anda kontrol dengan remote kontrol. silahkan simak video dibawah ini.
Baca Juga 10 Kerajinan Tangan dari Koran Bekas yang Mudah Dibuat

Sekian dari saya sampaikan cara membuat miniatur pesawat dari kardus bekas, semoga artikel saya bermanfaat dan membuat banyak orang menekuni kerajinan tangan, kerajinan tangan perlu dikembangkan dan memajukan ke kreatifitasan anak bangsa. terimakasih sudah berkunjung ke blog saya dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar