Breaking

Rabu, 27 September 2017

Cara Membuat Kerajinan Tangan Miniatur Bus dari Kardus Bekas

Cara Membuat Kerajinan Tangan Miniatur Bus dari Kardus Bekas- Setelah membuat kerajinan miniatur truk sekarang kita akan mencoba membuat kerajinan tangan miniatur bus dari kardus bekas. cara dan bahannya hampir sama dengan postingan saya sebelumnya, seperti menggambar bagian-bagian miniatur bus terdahulu dikardus dan memotongnya lalu kita rekatkan menjadi satu dengan lem. Miniatur bus dari kardus bekas masih jarang ditemukan dan bila anda berhasil mebuat kerajinan ini mungkin bisa menguntungkan apabila anda bisa sekreatif mungkin menghias miniatur bus anda. selain itu miniatur bus buatan anda bisa berjalan dengan tenaga baterai, masih sama dengan memanfaatkan katrol mainan dan karet gelang untuk dikaitkan dengan dinamo agar miniatur bus bisa berjalan dengan cepat. yang dengan sedikit kemampuan menyolder untuk menyambungkan daya baterai ke dinamo dan juga tersambung dengan saklar, agar bisa anda matikan dan hidupkan layaknya mainan mobil-mobilan lainnya.

Miniatur bus bisa menjadi hobi yang unik dan juga digandrungi oleh anak-anak, membuat kerajinan tangan miniatur bus tidak terlalu susah bila anda sudah terbiasa dengan lem dan sering membuat kerajinan tangan. banyak sekali kerajinan tangan yang bisa kita buat dari kardus bekas, kardus sendiri adalah bahan yang mudah ditemukan dan murah atau bahkan gratis. bila anda tertarik dengan kerajinan-kerajinan dari kardus lainnya, silahkan klik link 10 contoh kerajinan tangan dari kardus bekas yang mudah dibuat. bila anda baru dalam dunia kerajinan tangan maka sebaiknya mencoba membuat kerajinan yang simple dan mudah dibuat, kerajinan tangan itu sendiri adalah hobi yang menarik, sedari kita kecil pernah diajari cara membuat kerajinan yang simple. meski untuk orang dewasa kerajinan tangan bisa ditingkatkan ke level yang lebih tinggi dan membuat kerajinan yang memiliki nilai fungsi dan nilai seni.

Transportasi merupakan contoh yang bagus untuk dibuat menjadi kerajinan tangan dan dengan banyaknya model transportasi yang ada, bus merupakan transportasi yang menarik, dengan fungsi untuk mengangkut penumpang yang banyak dan dengan biaya yang relatif murah. namun banyak yang lebih memanfaatkan kendaraan pribadi dari pada menggunakan transportasi umum, sehingga menyebabkan kemacetan. masyarakat perlu disadarkan akan polusi dan mengurangi kemacetan yang disebabkan banyaknya pengguna kendaraan pribadi. bila kemacetan semakin tidak terkendali, negara indonesia akan mirip dengan negara cina yang jalanan penuh dengan kendaraan bermotor dan termasuk negara yang paling berpolusi sehingga masyarakatnya sering menggunakan masker agar polusi tidak merusak kesehatan mereka. semoga dengan berkembangnya teknologi dan dukungan pemerintah, transportasi dapat semakin mudah digunakan dan semakin efisien hingga mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. 

Minaitur bus cukup digemari, dengan ada pengrajin yang membuat sekedar mainan untuk anak-anak dan memiliki harga yang tinggi. lebih pantas disebut replika dari pada miniatur, ke detilan yang dibuat pengrajin miniatur bus ini sangat tinggi, hingga bagian-bagian dalamnya, setiap kursi dibuat sedetil dan semirip mungkin dengan bus asli. pengecatan dan pewarnaannya tidak main-main. bisa anda lihat kerajinan diatas. kerajinan diatas dibuat oleh pengrajin yang sudah mendapat banyak pesanan untuk membuat replika bus, untuk bisa membuat kerajinan sebagus diatas, tentu perlu pengalaman dan latihan ber tahun-tahun. kerajinan diatas sangat bagus dan detil maka hargaya pun tidak semurah mainan anak-anak. meski berukuran kecil dan terlihat seperti mainan anak-anak. replika bus diatas dibandrol harga lima ratus ribu kebawah. Harga yang layak untuk kerajinan yang detil dan berseni.

Sebelum kita memulai membuat kerjinan tangan miniatur bus dari kardus bekas, kita akan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kerajinan tangan miniatur bus dari koran bekas. bahan-bahan yang diperlukan pertama adalah:

1. Kardus Bekas
kardus bekas perlu digambar dahulu dan menentukan desain miniatur bus yang ingin anda buat nanti dan juga untuk menandai bagian-bagian kardus yang akan dipotong nanti seperti bagian jendela, bagian roda atau pintu miniatur bus.
2. Tutup Botol Bekas
Tutup botol bekas berfungsi sebagai roda miniatur bus nanti dan akan kita lapisi tepinya dengan selotip hitam.
3. Perkakas
Perkakas yang saya maksud adalah penggaris,pensil, lem, gunting, cutter, selotip dll.
4. Baterai kotak PP3
 Baterai jenis ini sering digunakan pada mainan pada umumnya, dan untuk baterai jenis ini kita juga membutuhkan konektor klip baterai PP3.
5.Solder
Fungsi solder untuk merekatkan kabel konektor klip kepada dinamo yang akan kita pakai nanti pada miniatur bus.
6. Saklar Mini
Saklar yang kita butuhkan yang hanya memiliki dua pin saja, jadi ini adalah saklar jenis on off.
7.Dinamo
Dinamo yang kita pakai adalah dinamo kecil yang biasa kita temukan mainan mobil-mobilan tamiya.
8.Bahan tambahan
Bahan tambahan yang kita perlukan nanti adalah tusuk sate, lembar seng ukuran 10x10cm saja, dan botol plastik warna gelap untuk jendela miniatur bus(optional).

Cara Membuat Kerajinan Tangan Miniatur Bus dari Kardus Bekas

1. Langkah Pertama
Pertama-tama mari kita potong kardus yang sudah anda gambar dan anda tandai tadi dan jangan lupa rapikan tepi-tepiannya agar rapi dan mudah dipasang.setelah anda sudah memotong semua bagian-bagian miniatur bus dan untuk langakah selanjutnya adalah pemasangan jendela miniatur bus. Pada langkah ini saya menggunakan potongan-ptongan pada jendela miniatur bus saya semprot dengan cat warna hitam dan langkah ini opsional, anda boleh ikut cara saya atau menggunakan botol plastik yang berwarna gelap sebagai jendela miniatur dan anda lem pada belakang desain miniatur bus.
Cara Membuat Kerajinan Tangan Miniatur Bus dari Kardus Bekas

2. Langkah Kedua
Langkah selanjutnya pasang potongan-potongan yang sudah disemprot dengan cat hitam pada rangka miniatur bus tadi. setelah itu kita siapkan tutup botol bekas enam buah untuk roda miniatur bus nanti. lubangi tutup botol dengan bor kecil atau perkakas lain. setelah anda lubangi, selotip tepi tutup botol dengan selotip hitam seperti contoh dibawah ini. selotip hitam agar membuat roda miniatur bus tidak mudah terpeleset dan memiliki daya cengkeram.
Cara Membuat Kerajinan Tangan Miniatur Bus dari Kardus Bekas

3. Langkah Ketiga
Siapkan selembar seng, lalu kita lubangi enam kali lalu kita potong  kecil-kecil lalu kita potong lagi hingga berbentuk lingkaran seperti contoh dibawah ini. dengan begini kita memiliki lima buah lingakaran kecil dengan lubang ditengahnya. lubang-lubang dari seng ini berfungsi untuk pemasangan roda miniatur bus nanti, hal ini juga dilakukan pada cara membuat kerajinan tangan miniatur truk dari kardus bekas, bila anda tertarik dengan cara membuat miniatur truk dari kardus silahkan kunjungi link ini Cara Membuat Kerajinan Tangan Miniatur Truk Dari Kardus.
Cara Membuat Kerajinan Tangan Miniatur Bus dari Kardus Bekas

3. Langkah Ketiga
Langkah selanjutnya kita aka memotong sedotan untuk minuman jenis susu kemasan yang biasa anda temui di swalayan. setelah kita potong dan mendapatkan 3 buah potongan sedotan, siapkan katrol mainan kecil dan tusuk sate. kita masukan tusuk sate pada lubang katrol lalu beri lem pada tusuk sate dan pasang roda miniatur bus pada bagian yang anda beri lem tadi. setelah itu pasang sedotan yang sudah anda potong tadi pada samping katrol lalu disusul dengan lempengan seng yang anda lubangi tadi seperti contoh gambar dibawah. jangan lupa beri lem setelah anda pasang lingkaran kecil dari seng tadi.
Cara Membuat Kerajinan Tangan Miniatur Bus dari Kardus Bekas

4. Langkah Keempat.
Apabila anda tidak mempunya katrol mainan seperti digambar, anda bisa membuatnya dari tutup botol seperti contoh pada postingan Cara Membuat Kerajinan Tangan Miniatur Truk dari Kardus Bekas. langkah selanjutnya potong tusuk sate yang berlebih, lalu kita akan membuat dua pasangan roda miniatur bus lagi dan lakukan hal yang sama pada tahap sebelumnya tadi. Setelah kita membuat dua buah pasang roda, sekarang kita memilkit tiga buah pasang roda salah satunya memiliki katrol mainan. kita pasang roda pada rangka dasar miniatur bus, kita tempatkan roda yang memiliki katro l ditengah. setelah itu kita siapkan dinamo dan pasang dinamo pada rangka dasar  mendekati katrol roda. lalu beri karet gelang pada katrol lalu kaitkan ke dinamo. Perhatikan contoh gambar dibawah ini agar tidak ada kesalahan dalam  pemasangannya.
Cara Membuat Kerajinan Tangan Miniatur Bus dari Kardus Bekas

5. Langkah Kelima.
Siapkan konektor clip baterai PP3, dan baterai kotak PP3. setelah itu kita solder kabel merah dari konektor clip ke dinamo, lalu solder kabel hitam kedinamo dan nanti kita akan hubungkan ke saklar kecil. setelah selesai menyolder, pasang kepala baterai dengan konektor klip, lalu kita lem kaki baterai pada rangka dasar miniatur bus. dengan ini ketika saklar dihidupkan dinamo akan berputar dan katrol yang sudah dikaitkan dengan dinamo akan membuat roda berputar dan miniatur bus anda melaju dengan kecepatan penuh.
Cara Membuat Kerajinan Tangan Miniatur Bus dari Kardus Bekas

6. Langkah Keenam
Kita mulai lem tepi kerangka dasar miniatur bus dan kita siapkan kedua dinding miniatur bus dan kita rekatkan kedua dinding miniatur bus secara berhati-hati lalu kita beri lem pada tepi dinding miniatur bus untuk memasang kepala miniatur bus, setelah kita pasang kepala miniatur bus kita teruskan dengan atap miniatur bus dan kita lubangi atap miniatur bus dengan cutter untuk pemasang saklar diatas atap miniatur bus. Ukuran lubang lebih kecil dari pada saklar agar saklar tidak jatuh kedalam.
Cara Membuat Kerajinan Tangan Miniatur Bus dari Kardus Bekas

7. Langkah Ketujuh
Jangan anda rekatkan dahulu bagian belakang miniatur bus, tarik kabel hitam dari dinamo dan konektor klip kelubang pada atap miniatur bus, setelah itu kita solder kabel hitam yang anda tarik tadi dengan saklar kecil yang kita siapkan tadi. setelah anda solder, rekatkan saklar. tutup bagian belakang bus dan rekatkan dengan lem. agar lebih jelas silahkan perhatikan contoh gambar dibawah ini. anda memiliki  tombol on off untuk mematikan dan menghidupkan dinamo dan membuat miniatur bus anda berjalan.
Cara Membuat Kerajinan Tangan Miniatur Bus dari Kardus Bekas

8. Langkah Terakhir
Anda sudah berhasil menyelesaikan miniaitur bus dan anda bisa menghiudpkan saklar agar bus bisa melaju sendiri. bila anda ingin menambahkan pernak pernik agar miniaur bus anda menarik seperti spion bus, bamper, atau atribut lainnya. dengan tambahan gambaran juga memberi nilai seni pada miniatur bus anda, agar lebih realistis, silahkan tiru desain pada bus-bus asli yang sering anda lihat di jalan raya. Hasil jadi seperti contoh gambar dibawah ini.
Cara Membuat Kerajinan Tangan Miniatur Bus dari Kardus Bekas

Bila anda kesulitan mengikuti langkah-langkah saya, anda bisa melihat video dibawah ini tentang cara membuat miniatur bus dari kardus. semoga video dibawah membantu anda dan mempermudah cara membuat miniatur bus dari kardus bekas. Silahkan simak video dibawah ini.


Bila anda sudah menguasai cara membuat miniatur bus dari kardus bekas, silahkan share ilmu anda ke teman-teman anda. bila anda menyukai cara membuat kerajinan silahkan kunjungi blog saya. terimakasih sudah berkunjung ke blog desain kerajinan tangan saya. sekian dari saya dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar