Breaking

Kamis, 30 November 2017

Cara Membuat Motor Mainan Dari Kardus Bekas

Cara Membuat Motor Mainan Dari Kardus Bekas - mainan dari kardus bekas merupaka mainan yang unik dan mudah dibuat. anda bisa membuat mainan dari kardus bekas dan mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan nanti. dalam cara membuat motor mainan dari kardus bekas akan membutuhkan alat elektronik seperti dinamo, baterai. kabel positif negatif dan pin saklar. dengan alat elektronik tersebut anda bisa membuat mainan dari kardus yang bisa berjalan sendiri layaknya mainan anak-anak yang lain, cara membuat motor mainan dari kardus bekas ini bisa sulit bagi anda yang masih pemula dan jarang membuat kerajinan tangan, namun saya yakin anda bisa membuatnya bila anda mengikuti langkahnya dengan baik-baik. dan bila anda masih kesulitan dalam membuat mainan dari kardus ini, saya masih tambahkan video tuturialnua agar bisa anda tiru dan membantu dalam langkah yang belum anda pahami, dalam cara membuat motor mainan dari kardus bekas anda akan memerlukan solder untuk menyolder komponen elektroniknya agar motor mainan bisa berjalan layaknya mainan anak-anak yang lain.

Mainan dari kardus bisa menjadi favorit anak-anak bila anak-anak tahu betapa menyenangkannya membuat mainan sendiri dengan tangan sendiri. tidak perlu membeli dan bisa dibuat dengan kardus bekas yang ada dirumah anda. dengan bahan-bahan seadanya juga masih bisa dibuat menjadi kerajinant tangan yang lain. namun bahan kardus merupakan bahan kerajinan tangan yang paling mudah dimanfaatkan dan bisa diubah menjadi kerajinan tangan yang unik dan bisa juga dibuat menjadu mainan dari kardus bekas lainnya. sifat kardus yang mudah dibentuk dan dipotong-potong menjadi bagian yang kita manfaatkan menjadi bentuk yang sesuai dengan keinginan kita, namun kelemahan dari bahan kardus adalah agak rapuh dan mudah rusak bila terkena air. namun mainan dari kardus bisa bertahan cukup lama bila kita bisa merawat dengan baik-baik. dengan membuat mainan dari kardus dengan tangan sendiri tentu kita akan lebih menghargai karya kita dan merawatnya dengan baik-baik.

Cara membuat mainan dari kardus bekas akan lebih mudah dikerjakan bila anda mengajak teman-teman anda untuk membuatnya bersama-sama. tentu membuat bersama-sama akan mengasyikan dan menjadi lebih ringan. kita tidak akan kesulitan dan tidak terasa berat bila dikerjakan bersama-sama. setelah berhasil membuat mainan dari kardus bersama tentu anda bisa bermain dengan teman-teman anda. masih ada banyak mainan yang bisa dibuat dengan kardus bekas. semua itu tergantung kekreatifitasan anda. bila anda bisa membuat mainan dari kardus bekas yang benar-benar menarik, mungkin saja bisa laku dijual. namun anda harus pastikan mainand dari kardus anda benar-benar bisa berfungsi dan memiliki nilai seni tinggi. agar mainan dari kardus anda memiliki nilai seni tinggi, anda harus membuat nya sedetil mungkin dan mainan dar kardus bekas anda menjadi sangat bagus dan rapi sekali.
Cara Membuat Motor Mainan Dari Kardus Bekas

Gambar diatas adalah hasil jadi dari cara membuat motor mainan dari kardus bekas. bisa anda lihat contoh gambar motor mainan dari kardus bekas diatas sangat unik dan detil sekali, meskipun terlihat susah namun anda tetap bisa membuatnya bila anda mengikuti langkah-langkah dengan baik dan masih ada video tutorial untuk membantu anda dalam cara membuat motor mainan dari kardus. seperti yang sudah saya utarakan tadi, dalam cara membuat motor mainan dari kardus akan membutuhkan bahan elektronik agar bisa melaju seperti mainan anak-anak jaman sekarang. bisa anda lihat pada contoh gambar diatas ada saklar on off untuk menghidupkan dinamo dan mematikannya, dengan dipasang pada bagian kanan motor, dengan begitu akan terlihat praktis. lalu ada tambahan lampu kecil yang ditaruh pada bagian depan, jadi semakin mirip dengan motor asli. cara membuat mainan dari kardus ini akan membahas semua langkah-langkah dalam perakitan komponen elektronik itu nanti.
Baca Juga: 10 contoh mainan dari kardus bekas yang mudah dibuat
Cara membuat motor mainan dari kardus bekas bisa sulit dan bisa mudah, bila anda sering membuat kerajinan tangan dari kardus bekas, maka membuat mainan dari kardus bekas tidaklah terlalu sulit, faktor penting dalam cara membuat motor mainan dari kardus bekas adalah ketelitian dan kerapiannya, agar hasil memuaskan seperti contoh mainan dari kardus bekas diatas, anda harus memahami bentuk dan dasar kerangkanya dari contoh gambar diatas, dengan memahaminya terlebih dahulu akan mempermudah anda saat proses pembuatan motor mainan dari kardus bekas. setelah anda memahami konsep pembuatan motor mainan dari kardus bekas, anda akan tahu kurangnya contoh motor mainan dari kardus bekas diatas dan bisa anda inovasi agar menjadi lebih baik lagi. atau anda ingin mewarnai bagian-bagianya terlebih dahulu agar lebih realistis dan menjadi motor mainan paling keren.

Cara Membuat Motor Mainan Dari Kardus Bekas

Sebelum saya mulai membahas cara membuat motor mainan dari kardus bekas, pertama-tama kita akan menyiapkan bahan-bahannya terdahulu. dengan menyiapkan bahan-bahan dan komponen yang akan dibutuhkan, anda tidak perlu repot berhenti ditengah jalan dan harus mencari bahan yang dibutuhkan. anda perlu mempersiapkan bahan-bahan dan alat yang sulit bagi anda dapatkan. anda bisa bertanya kepada teman-teman anda untuk mencar bahan-bahan yang ingin anda dapatkan. Bahan dan alat yang dibuthkan dalam cara membuat motor mainan dari kardus bekas adalah:
  • Kardus bekas
  • Penggaris
  • Pensil
  • Cutter
  • Dinamo DC 3V
  • Lampu LED 3V
  • Baterai AA
  • Saklar dua pin
  • Kabel positif negatif
  • Lem
  • Jangka
  • Dll
1. Langkah Pertama
langkah pertama dalam cara membuat motor mainan dari kardus adalah bagian yang lumayan sulit, yaitu membuat desain motor yang ingin kita buat, anda bisa mencar gambar di google dan pertama anda gambar sketsa ukuran diatas kardus dengan pensil, buat sketsa ukuran bodi motor. anda membuat sketsa bodi motor pada bagian kiri dan kanan, dengan menggambar sketsa yang sudah pas, anda bisa menggunakan cutter untuk memotong kedua bodi yang sudah anda gambar dengan sketsa. perhatikan gambar dibawah ini.
Cara Membuat Motor Mainan Dari Kardus Bekas

2. Langkah Kedua
Dengan ini anda sudah mendapatkan kedua bodi motor mainan disamping kiri dan kanan, lalu kita kan mencoba merekatkan kedua bodi dengan potongan-potongan kardus yang sudah anda sesuaikan dengan lekukan bodi motor, dengan begitu motor akan memiliki ruang tengah yang bisa anda isi untuk baterai dan pemasangan kabel bagian dalam motor mainan dari kardus. gunakan lem dan pasang bagian-bagian dengan berhati-hati. setelah itu anda akan mendapatkan bentuk seperti contoh gambar dibawah ini.
3. Langkah Ketiga
pada langkah ini, kita akan membuat roda motor mainan dari kardus, dengan menunmpuk beberapa potongan kardus bekas, kita akan membuat roda yang besar agar motor mainan tetap seimbang dan tidak ambruk. pertama anda siapkan jangka putar dan kardus bekas. anda ukur dan perkirakan diameter roda yang ingin anda gunakan, lalu buat lingkaran setidaknya lima buah lingkaran. lima buah lingkaran ini akan kita potong menjadi pola yang berbeda, lalu kita susun menjadi roda untuk motor mainan dari kardus anda. dengan lima buah lingkaran untuk satu roda maka anda membutuhkan sepuluh lingkaran dari kardus bekas. untuk polanya silahkan contoh gambar dibawah ini. bisa anda lihat contoh gambar, buat dua lingkaran dengan pola desain velg yang anda suka, lalu dua lingkaran dengan lubang ditengahnya seperti donat, lalu satu lingkaran polos. setelah itu anda tumpuk dengan urutan, lingkaran donat paling bawah, disusul dengan lingkaran velg, lalu lingkaran polos, lingkaran velg lagi dan terakhir lingkaran donat. tumpuk dan rekatkan dengan lem satu persatu.
Cara Membuat Motor Mainan Dari Kardus Bekas

Jangan lupa anda beri lubang kecil dengan cara anda tusuk dengan jarum atau tusuk gigi, lubang itu nanti untuk poros ban motor mainan anda nanti, setelah anda selesaimenyusun roda untuk motor mainan roda anda, roda motor akan terlihat seperti gambar dibawah ini. roda terlihat besar dan imbang, pastikan tepi rapi saat anda memotongnya, sehingga motor mainan anda tetap seimbang dan tidak mudah ambruk.
Cara Membuat Motor Mainan Dari Kardus Bekas

4. Langkah Keempat
Pada tahap ini, kita akan membuat stang motor mainan dari kardus dan kita pasang pada bagian depan bodi motor mainan dari kardus, stang motor mainan terbuat dari stik es krim polos dan tusuk sate. anda akan membuat komponen stang dari stik es krim dan tusuk sate, buatlah komponen stang seperti gambar dibawah ini.
Cara Membuat Motor Mainan Dari Kardus Bekas

Setelah anda bias membuat semua komponen stang, kita mulai memasukan komponen dari stik es krim ke kedua lubang komponen nomor dua dari kanan, setelah itu anda buat lubang pada bodi motor mainan dari kardus, setelah itu pasang komponen slebor dengan lem. lalu anda mulai pasang roda motor mainan dari kardus yang sudah anda buat nanti, gunakan tusuk gigi sebagai poros untuk roda motor mainan dari kardus anda. lihat contoh gambar dibawah ini. setelah itu anda potong ujung tusuk gigi yang berlebihan dengan gunting. lakuka dengan rapi.
Cara Membuat Motor Mainan Dari Kardus Bekas

5. Langkah Kelima
Setelah anda memasang komponen stang, maka masih satu komponen dari kayu yang belum dipasang, anda akan menggunakan komponen terakhir itu untuk bagian roda belakang dan sebagai tempat anda menaruh dinamo kecil, dan menggerakan roda belakang anda nanti, pasang komponen terakhir pada sisi kiri motor mainan dari kardus anda, lalu rekatkan dengan lem yang kuat atau lem permanen seperti lem castol. lihat contoh gambar dibawah ini.
Cara Membuat Motor Mainan Dari Kardus Bekas

Tahap selanjutnya adalah menyiapkan komponen elektronik seperti dinamo, baterai, dan lampu LED. siapkan solder juga untuk merekatkan kabel dan pin saklar nanti. anda perlu tempat untuk baterai yang memiliki sambungan kabelnya. pertama beri lubang pada kepala motor mainan dari kardus anda, lubang tersebut untuk lampu LED anda, pasang lampu LED pada kepala motor mainan dari kardus anda dan rekatkan dengan lem. setelah ini adalah penyambungan kabel dari pin saklar ke baterai dan dari pin saklar ke lampu dan dinamo, bila saya jelaskan dengan kata-kata akan membingungkan, silahkan simak saja gambar dibawah ini. jangan lupa anda solder kabel yang sudah anda sambungkan seperti contoh gambar dibawah. lalu anda rekatkan baterai didalam bodi motor mainan dari kardus anda. setelah itu anda lubangi bodi satunya lagi untuk menempatkan saklar kecil anda, lalu rekatkan dengan lem. lalu taruh dinamo pada bagian roda belakang motor mainan dari kardus anda.
Cara Membuat Motor Mainan Dari Kardus Bekas

6. Langkah Keenam
Setelah komponen elektronik sudah terpasasng dengan benar, kita mulai tutup bodi motor mainan dari kardus dengan sisi satunya. setelah anda tutup dengan bodi motor, silahkan anda cek bagian kabel dinamo, bila kabel terlalu panjang, rekatkan dengan lem agar tidak bergelantungan tidak rapi. pada tahap ini anda tinggal memasang roda belakang motor mainan dari kardus anda. lihat contoh gambar dibawah ini.

Dengan begitu anda tinggal memasang roda belakang pada dinamo dan rekatkan dengan lem agar 
ketika dinamo berputar, roda motor mainan dari kardus anda ikut berputar. lalu anda buat potongan dari kardus untuk mengapit kedua sisi roda belakang motor mainan dari kardus anda. setelah itu kita tinggal menambahkan pernak pernik pada motor anda. sekarang fungsi dari sketsa anda adalah untuk memberi potongan pernak perni yang sama dengan gambaran sketsa anda, silahkan cek gambar dibawah ini.

7. Langkah Terakhir
Setelah anda membuat semua bagian bodi luar motor mainan dari kardus anda, sekarang anda tambahkan detil lainnya seperti stang dari kawat yang ditekuk dan knalpot dari gulungan kertas dan anda beri selotip hitam. bila anda ingin membuatnya semakin bagus, anda bisa menambahkan warna pada motor mainan dari kardus anda. gunakan car semprot agar hasil lebih bagus, namun pengunaan cat semprot harus dilakukan sebelum pemasangan bodi motor mainan dari kardus anda. dengan ini anda sudah berhasil membuat motor mainan dari kardus bekas. silahkan liat contoh gambar yang sudah jadi ini dibawah.

Itu tadi adalah cara membuat motor mainan dari kardus bekas, bila anda kesulitan membuatnya dan bingung pada tahap memasang komponen elektroniknya, anda bisa simak video tutorialnya dan anda bisa meminta bantuan teman-teman and untuk membuat bersama dan bermain besama. akan lebih mudah dan lebih menyenangkan. silahkan simak video dibawah ini.
Baca Juga: Cara membuat miniatur truk dari kardus bekas

Dengan begini saya sudah menyampaikan cara membuat motor mainan dari kardus bekas, memang proses pembuatannya panjang dan lama, namun saya yakin anda bisa membuatnya bila anda mengikuti langkah-langkah dengan baik. saya tambahkan video diatas agar membantu anda dalam membuat motor mainan dari kardus. semoga dengan video diatas bisa membantu. terimakasih sudah berkunjung ke blog desain kerajinan tangan saya dan bila anda berkenan, silahkan share dan bagikan ke media sosial lainnya. sekian dari saya dan selamat mencoba. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar