Breaking

Minggu, 24 September 2017

10 Contoh Kerajinan Bahan Lunak yang Mudah Dibuat

10 Contoh Kerajinan Bahan Lunak yang Mudah Dibuat- Tahukah anda, bahwa kerajinan bahan lunak memiliki keunggulan tersendiri? seperti mudah dibuat dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. Kerajinan bahan lunak yang saya maksud disini adalah seperti lilin, tanah liat, Styrofoam, sabun, serat alam dan lain-lainnya. Kerajinan bahan lunak memang membutuhkan kemampuan yang cukup mumpuni karena memang rapuh dan butuh ketelitian. tentu dengan ketelitian juga kesabaran. untuk membuat sesuatu yang bernilai seni membutuhkan ketelitian dan kesabaran, dengan begitu detail dan visual akan terlihat sangat cantik dan menawan. kerajinan bahan lunak memang rapuh namun hasil dari kerajinan bahan lunak sangatlah bagus dan jarang anda temui. kreatifitas menjadi faktor penting dalam cara membuat kerajinan bahan lunak, bila anda tidak bisa membuat kerajinan bahan lunak yang rumit dan sulit maka anda perlu menggunakan kreatifitas untuk membuat sesuatu yang unik dan mudah dibuat.

Artikel saya kali ini membahas 10 contoh kerajinan bahan lunak yang mudah dibuat. kerajinan yang mudah dibuat tentu pasaran dan main stream, tetapi dengan inovasi-inovasi maka kita bisa membuat sesuatu yang berbeda dan terbilang unik, tergantung dari mana kita bisa melihat dan memanfaatkan fungsi kerajinan bahan lunak tersebut. bila anda menguasai cara membuat kerajinan bahan lunak maka anda bisa membuat kerajinan yang memiliki nilai jual dan menguntungkan anda secara finansial. bahan-bahan dari kerajinan bahan lunak dibawah ini termasuk murah dan bisa didapatkan, dengan sedikit polesan dan inovasi anda bisa membuat karya seni yang memukau. kerajinan bahan lunak yang dibentuk dan diwarnai akan sangat bagus dan memiliki nilai seni, dengan begitu kerajinan bahan lunak memiliki banyak sekali kemungkinan-kemungkinan untuk dibuat menjadi karya seni yang bagus.

10 contoh kerajinan bahan lunak yang akan saya jabarkan termasuk kerajinan bahan lunak yang berbahan dasar dari sabun sampai semen yang bisa dibuat menjadi kerajinan yang unik dan inovatif. anda bisa meniru beberapa kerajinan bahan lunak diartikel saya ini dan saya tambahkan satu video untuk referensi anda bila anda tertarik dengan kerajinan bahan lunak. kerajinan-kerajinan tersebut terbilang mudah dibuat dan cukup bagus untuk standar kerajinan bahan lunak. untuk kerajinan bahan lunak sedikit yang memiliki nilai fungsi dan kebanyakan memiliki nilai seni, bila memiliki nilai fungsi maka kerajinan limbah tersebut juga memiliki nilai seni juga, karena terbuat dari bahan lunak yang terlihat unik. seperti contoh daun yang disusun dan dibentuk menjadi mangkok, tentu sangat unik dan memiliki fungsi sebagai wadah. kita tidak akan pernah tau bahwa daun dari pepohonan ternyata cocok untuk dibuat menjadi kerajinan bahan lunak yang unik dan bermanfaat.

10 Contoh Kerajinan Bahan Lunak yang Mudah Dibuat

Kerajinan bahan lunak  memiliki keunggulan mudah dibentuk dan kebanyakan alat bantunya berupa pisau untuk mengukir atau dengan tangan kita sendiri untuk membentuk kerajinan bahan lunak. untuk bahan-bahan kerajinan juga memiliki ciri sendiri seperti memiliki aroma, warna, atau kepadatan yang dimiliki. bahan-bahan tersebut seperti sabun mandi, lilin, buah-buahan atau sayuran. bahan makanan bisa menjadi media kerajinan bahan lunak, dengan mengukir buah menjadi bunga atai pola-pola yang cantik. tentu media seperti buah-buahan anda sering melihatnya, dan memang untuk mengukir buah disayangkan bila buah terbuang sia-sia. maka dari itu berlatih dengan lilin atau sabun yang diukir bisa membantu anda mengasah kemampuan mengukir pada bahan lunak, tentu itu sangat bermanfaat dalam pembuatan kerajinan dari bahan lunak. seperti yang saya jelaskan sebelumnya kerajina bahan lunak lebih banyak bersifat seni, semakin cantik anda mengukirnya semakin tinggi nilai seni kerajinan bahan lunak tersebut.

sebelum kita membahasa 10 contoh kerajinan bahan lunak, kita akan membahas bahan-bahan yang dipakai menjadi kerajinan bahan lunak. yang pertama adalah sabun, tentu sabun adalah bahan yang mudah didapat, anda bisa membelinya dengan harga paling murah tiga ribu rupiah saja. dengan media sabun anda bisa berlatih mengukir dan membuat kerajinan bahan lunak. yang kedua adalah polymer clay, salah satu bahan lunak yang lumayan sulit dibuat menjadi kerajinan bahan lunak yang bagus, polymer clay seperti tanah liat dan bisa dibentu menjadi apapun yang anda inginkan, setelah dibentuk tinggal dipanaskan agar mengeras dan menjadi kerajinan tangan yang anda inginkan. yang ketiga adalah sterofoam, sterofoam sering sekali dimanfaatkan sebagai bantalan pada produk-produk elektronik, agar ketika pengiriman produk tidak mengalami kerusakan yang disebabkan oleh guncangan atau benturan yang keras, sterofoam bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan bahan lunak dan sterofoam mudah dibentuk dan sangat ringan. yang keempat adalah semen, semen bila dilarutkan bersama air dan pasir lama kelamaan akan mengeras, semen cocok untuk dijadikan kerajinan bahan lunak yang unik. yang kelima adalah daun, sebelumnya sudah saya jelaskan daun adalah bahan kerajinan yang bisa dibuat menjadi mangkok dan memiliki fungsi sebagai wadah yang unik karena terbuat dari daun. dengan ini saya sudah menjelaskan lima contoh pertama, untuk lebih jelasnya silahkan lihat  10 contoh kerajinan bahan lunak yang mudah dibuat dibawah ini.

10 Contoh Kerajinan Bahan Lunak yang Mudah Dibuat

Dibawah ini adalah contoh-contoh dan gambaran kerajinan bahan lunak yang mudah dibuat

1. Ukiran Sabun
10 Contoh Kerajinan Bahan Lunak yang Mudah Dibuat
Sabun merupakan salah satu kerajinan bahan lunak yang dicari dan membutuhkan kemampuan untuk mengukir menggunakan pisau kecil dan apabila kemampuan mengukir bisa terlatih anda juga bisa mengukir dengan media lain seperti lilin atau buah-buahan. sabun memilki tekstur yang lebih lembut untuk mengukir, berbeda dengan media lain seperti buah-buahan atau sayuran, namun ukiran buah atau sayuran tidak bisa bertahan lama karena buah cepat membusuk dan begitu juga sayuran, bila menggunakan media sabun atau lilin, tentu ukiran akan lebih bertahan lama. kerajinan bahan kunak diatas termasuk kerajinan berseni tinggi, bisa anda lihat dari kedetailan yang sangat rapi dan contoh kerajinan bahan lunak diatas membutuhkan keahlian tingkat tinggi atau pengalaman bertahun-tahun untuk bisa menciptakan kerajinan berbahan lunak seperti diatas. tentu bila anda berlatih setiap hari dan mengasah kemampuan mengukir menggunakan lilin atau sabun, saya yakin anda juga bisa membuat kerajinan berbahan lunak yang memuaku seperti contoh diatas.

2. Polymer Clay
10 Contoh Kerajinan Bahan Lunak yang Mudah Dibuat

Polimer clay adalah salah satu tanah liat yang bisa mengeras dan berbahan dasar  PVC atau polymer polyvinyl chloride. meskipun sebenarnya tidak ada kandungan tanah liatnya sama sekali tetapi memiliki sifat yang sama dengan tanah liat dan mudah dibentuk, polimer clay juga akan mengeras bila dipanaskan. selain itu polimer clay memeiliki banyak warna dan bisa menghasilkan kerajinan bahan lunak yang bagus. kerajinan bahan lunak dari polymer clay pasti sering anda temui, dan kerajinan tersebut dijual di toko pernak pernik, bila anda tertarik membuat salah satu pernak pernik yang sering anda jumpai ditoko-toko. anda bisa membuatnya sendiri dirumah, dengan membeli  beberapa polymer clay dan mulai membuatnya sendiri. polymer clay mudah dibentuk dan anda bisa membentuk sesuai apa yang anda inginkan, tentu membentuk polymer clay tidak semudah yang dibayangkan, agar hasil rapi dan cantik ada beberapa cara untuk membuatnya. seperti membuat bentuk-bentuk yang kecil akan lebih susah. anda bisa menggunakan alat bantu seperti cetakan yang biasanya juga dijual di toko-toko. dengan cetakan anda bisa membuat bentuk yang sesuai dan dengan detail yang sempurna.

3.Styrofoam
10 Contoh Kerajinan Bahan Lunak yang Mudah Dibuat

Kerajinan bahan lunak diatas berbahan dasar styrofoam. styrofoam sangat ringan jadi untuk mengatasi itu perlu lem agar sterofoam tidak mudah jatuh. dengan penambahan pernak-pernik anda
mungkin bisa membuat hewan lain seperti kerajinan bahan lunak diatas. sterofoam termasuk bahan kerajinan yang mudah dibuat. namu untuk membuat kerajinan yang rumit mungkin sterofoam bukan solusinya. sterofoam mudah dibentuk namun juga sangat rapuh, jadi butuh ketelitian dan kesabaran untuk memmbuat kerajinan dari sterofoam. contoh kerajinan bahan lunak diatas termasuk kerajinan yang mudah dibuat, dengan memotong sterofoam berbentuk bulat dan anda menambahkan mata mainan dan juga kain flanel untuk telinga kelincinya. kerajinan bahan lunak diatas bisa anda tiru dan juga anda inovasi. anda bisa membuat kerajinan bahan lunak yang berbentuk hewan selain kelinci, seperti pinguin atau rusa. pinguin adalah contoh hewan yang bisa anda buat menjadi kerajinan bahan lunak yang unik dan lucu. bentuk pinguin yang sama bulat dan tinggal anda tambahkan pernak pernik untuk bagian paruhnya dan sirip pinguin. 

4. Semen
10 Contoh Kerajinan Bahan Lunak yang Mudah Dibuat
Anda pasti tidak menyangka bahwa selain untuk bangunan ternyata semen juga bisa dibuat menjadi sebuah kerajinan bahan lunak. untuk membuat kerajinan bahan lunak dari semen kita membutuhkan wadah untuk mencetak agar bisa menjadi bentuk sesuai yang kita harapkan, dan penggunaan bahan semen untuk kerajinan mungkin agak sulit namun bila sudah menguasainya hasilnya akan luar biasa. contoh kerajinan bahan lunak diatas sangat kreatif dan bermanfaat juga, anda tidak perlu kebingungan lagi untuk menaruh kunci atau mencarinya bila anda selalu menyediakan tempat untuk menaruh kunci seperti kerajinan berbahan lunak seperti diatas. kerajinan berbahan lunak diatas rapi sekali dan memiki nilai seni. membuat replika tangan dari semen tidak semudah yang anda bayangkan, ada banyak kemungkinan cara membuat kerajinan bahan lunak seperti diatas, dengan menggunakan cetakan yang sudah berbentuk tangan maka kerajinan berbahan lunak diatas akan sangat mudah dibuat dari pada dibentuk dengan tangan. bila menggunakan tangan kerajinan berbahan lunak diatas tidak akan serapi dan sedetail itu.

5. Kerajinan Daun
10 Contoh Kerajinan Bahan Lunak yang Mudah Dibuat
Memanfaatkan daun sebagai kerajinan bahan lunak adalah ide yang unik. untuk membuat kerajinan bahan lunak seperti diatas membutuhkan daun yang kuat dan bukan daun yang sudah lembek atau kering. anda bisa mencontoh ide diatas dengan daun yang berbeda. untuk membuat kerajina bahan lunak diatas membutuhkan daun asli atau daun sintetis, ada banyak cara membuat kerajinan bahan lunak yang mirip diatas dan salah satunya menggunakan balon aga mendapatkan bentuk setengah bola. pembuatan dengan daun sintetis lebih mudah dibuat dari pada dengan daun asli, karena daun asli cepat mengering atau membusuk. dengan memberi lem pada balon lalu anda mulai menyusun dan merekatkan daun-daun yang anda siapkan, sedikit demi sedikit hingga menutupi setengah balon. setelah itu tunggu sampai benar-benar mengering dan letuskan balon dan mangkok dari daun berhasil dibuat. meskipun terdengar mudah namun pembuatanya cukup sulit dan butuh ketelitian. pemilihan lem juga penting, gunakan lem yang aman bila terkena kulit.

Baca juga 10 Kerajinan Limbah yang Unik Paling Unik

6. Lembaran Busa
10 Contoh Kerajinan Bahan Lunak yang Mudah Dibuat

Kerajinan bahan lunak satu ini sudah banyak dipasasarkan dan dijual. kita bisa membeli bahan bakunya saja berupa lembaran-lembaran busa dan memiliki warna yang berbeda-beda untuk diciptakan menjadi kerajinan bahan lunak seperti contoh gambaran diatas. lembaran busa biasadijual toko kerajinan. ada banyak macam warna bisa kita manfaatkan dan diubah menjadi kerajinan bahan lunak yang bagus. kerajinan bahan lunak dari lembaran busa bermanfaat untuk dekorasi saja. cocok untuk dekorasi kamar bayi atau anak-anak dibawah umur. tentu anda bisa meniru kerajinan bahan lunak diatas, namun kita bisa membuat bentuk lain-lainya atau anda bisa membuat dalam skala yang besar. kerajinan bahan lunak diatas cukup bagus dan pembuatanya sangat rapi. mungkin akan sulit untuk pemula, namu ada banyak video tutorial yang bisa anda cari diinternet. lembaran busa bermanfaat untuk alas diatas lantai juga, anda bisa membuat tempat bermain anak-anak dan menggunakan lembaran busa sebagai alas, bisa juga anda dekorasi terlebnih dahulu sebelum dijadikan alas, selain menjaga anak-anak agar tidak kedinginan bermain diatas lantai, juga agar mengurangi benturan ketika anak-anak terjatuh diatas lantai. lembaran busa memnag cocok dijadikan kerajinan bahan lunak untuk anak-anak kecil.


7.Kain Flanel

10 Contoh Kerajinan Bahan Lunak yang Mudah Dibuat
Untuk kerajinan satu ini pasti anda sudah familiar dan mungkin anda pernah mencobanya. Kerajinan bahan lunak satu ini memang sudah mainstream atau sudah banyak juga yang menjual, akan tetapi bila anda bisa membuat kerajinan bahan lunak yang lebih unik dan yang perlu diperhatikan dari kerajinan bahan lunak ini adalah kerapian pembuatannya maka bisa memiliki daya tarik tersendiri. kain flanel merupakan bahan kerajinan yang sering kita jumpai, mungkin saat ada kegiatan prakarya sekolahan juga pernah diajari cara menjahit dan membuat jahitan. bila anda hobi menjahit, tentu membuat kerajina bahan lunak dari kain flanel pasti mudah sekali, sekarang  membaut kerajinan kain flanel tidak harus berbentuk bonek yang lucu, anda bisa membuat sesuatu yang berfungsi seperti contoh sarung tangan oven. sarung tangan oven berfungsi untuk mengambil makanan yang didalam oven yang panas, dengan menggunakan sarung tangan oven, tangan anda tidak tersengat panas dalam wadah oven. anda bisa membuat dari awal sarung tangan oven dari kain flanel dan mendekorasinya secantik dan selucu mungkin. tentu itu selera anda tersendiri.

8. Gypsum
10 Contoh Kerajinan Bahan Lunak yang Mudah Dibuat
Kerajinan bahan lunak satu ini relatif mudah karna banyak sekali jenis bentuk cetakan yang bisa digunkan, tetapi agar menambah nila artistik kerajinan bahan lunak ini adalah pewarnaannya dan perlu ketielitian agar hasil pengecatan rapi dan bagus. kerajinan bahan lunak dari gypsum memang mainstream namun anda bisa mencoba terdahulu membuat kerajinan bahan lunak gypsum. pembuatanya sangat mudah asal anda mempunyai alat-alat yang dibutuhkan. sekarang banyak sekali cetakan-cetakan untuk membuat kerajinan bahan lunak dari gypsum, seperti contoh kerajinan bahan lunak diatas menggunakan cetakan berbentuk santa dan diberi cat warna. pengecatan kerajinan tangan gypsum butuh ketelitian dan kesabaran agar hasilnya rapi dan bagus. kerajinan bahan lunak dari gypsum sangat cocok untu mendekorasi ruangan anda. untuk kerajinan bahan lunak dari gypsum yang berukuran kecil cocok untuk gantungan kunci.

9. Kertas
10 Contoh Kerajinan Bahan Lunak yang Mudah Dibuat
Kerajinan bahan lunak dari kertas adalah hal yang mainstream akan tetapi bila anda bisa membuat kerajinan bahan lunak seunik gambar diatas juga tidak salahnya dicoba. kerajinan bahan lunak dari kertas bisa dibuat menjadi bentuk apa saja kecuali bila kita punya cukup imajinasi dan kreatifitas untuk membuatnya. seperti kerajinan bahan lunak diatas, anda tidak akan mengira bahwa kertas bisa anda bentuk dan diubah menjadi tengkorak manusia, kerajinan bahan lunak diatas sangat kreatif dan inspiratif, tentu pembuatan kerajinan diatas tidaklah mudah dan perlu keterampilan yang mumpuni. kertas juga bisa dibuat menjadi origami. origami adalah seni melipat kertas menjadi bentuk hewan atau benda lain. kerajinan diatas juga bisa disebut origami, origami termasuk kerajinan yang cukup sulit dan membutuhkan ketelitian dan kesabaran. membuat origami mampu meningkatkan daya berfikir otak kanan, dengan begitu anda semakin kreatif dan imajinatif. mampu membuat kerajinan yang unik dan inovatif

10. Serat Alam
10 Contoh Kerajinan Bahan Lunak yang Mudah Dibuat
Serat alam merupakan salah satu contoh jenis kerajinan bahan lunak. contohnya seperti daun rotan dan kebanyakan dengan tehnik menganyam. contoh diatas merupakan salah satu anyaman rotan yang dibuat menjadi wadah untuk menyimpan atau tempat sampah untuk sampah-sampah kering. kerajinan bahan lunak dari serat alam perlu waktu lama untuk menguasainya, kerajina ini sering dibuat penduduk lokal dan jarang ditemui dinegara lain, maka dari itu kerajinan dari serat alam akan bernilai sekali dimata orang asing, karena tidak pernah ditemui denagara asalnya. anda bisa membuat lalu menawarkannya ke turis-turis mancanegara. tentu bisa sebagai dekorasi atau bermanfaat sebagai wadah. turis-turis asing akan senang mendapatkan benda dari tempat wisata dan sebagai pengingat bahwa pernah berlibur kesana.

saya akan menambahkan video untuk referensi kerajinan-kerajinan dari bahan lunak yang bisa anda contoh dan anda buat dirumah, silahkan simak video dibawah ini.


diatas merupakan contoh 10 kerajinan bahan lunak yang mudah dibuat. mungkin anda ingin mencoba dan mencontoh beberapa kerajinan diatas, contoh diatas bisa dibuat bila anda memiliki niat dan mau berusaha. semoga artikel saya bermanfaat dan sekian terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar