Breaking

Jumat, 04 Mei 2018

Daftar Negara Yang Pernah Dijajah Turki

Daftar Negara Yang Pernah Dijajah Turki
Turki pada masa jayanya, pada sekitar kurun abad 13 Masehi hingga 19 Masehi terkenal sebagai sebuah negara kuat yang menjadi momok bagi negara-negara di sekitarnya.
Turki berhasil memperluas kekuasaannya dikawasan yang berdekatan dengan negaranya dan kemudian menjadikannya sebagai negeri dalam vassal turki. Sebagai negara yang disebut sebagai negara dua benua, yang artinya wilayah turki  berada di Eropa dan juga Asia pada masa kini, Turki pada zaman kejayaan “Ottoman Empire” memang dikenal sebagai penakluk Asia dan Eropa.
pasukan jannisary turki
gambar dari greaterglorygoods.com

Berikut ini daftar negara yang pernah merasakan penjajahan Turki.
Negara Eropa Asia Yang Pernah Dijajah Turki : Yunani, Macedonia, Albania, Bulgaria, Rumania, Serbia, Bosnia, Hungaria, Ukraina.
Negara Asia Yang Pernah Dijajah Turki : Syria, Iraq, Palestina.
Negara Afrika Yang Dijajah Turki : Tunisia, Aljazair, Mesir, Libya.
Umumnya negara negara Asia dan Afrika setelah ditaklukan diperlakukan sebagai provinsi dari Turki, beda halnya dengan negara-negara di Eropa yang diperlakukan seperti negara jajahan pada umumnya.
Turki juga disebut pernah mencoba menaklukkan Iran, Italia dan Austria namun gagal. Dengan kekuasaan yang membentang luas dari Eropa hingga Afrika inilah yang membuat Turki sangat ditakuti pada masa jayanya. Namun demikian Turki pada akhirnya melemah perlahan-lahan karena harus mengontrol daerah yang sangat luas tersebut.
Di kawasan Asia Tenggara sendiri sebenarnya Turki juga memiliki kawasan kekuasaan tidak langsung yaitu Kesultanan Aceh serta Kesultanan Johor-Riau. Namun kedua Kesultanan ini tidak secara resmi masuk sebagai teritorial administrasi Turki, hanya saling berhubungan dalam konteks Agama dan Bilateral yang unik. Namun karena hubungan itulah yang membuat Kesultanan Aceh dan Kesultanan Riau baru ditaklukkan Belanda paska kalahnya Turki pada Perang Dunia Pertama.

Sedangkan negara yang secara historis merasa paling dirugikan karena penjajahan Turki adalah Yunani, Rumania dan Bulgaria. Ketiga negara  ini tercatat paling sering melakukan perlawanan, namun selalu digagalkan tentara Jannisary, barulah pada akhir abad ke 19 , kontrol Turki terhadap Eropa melemah dan satu persatu kekuasaan di Turki berhasil memerdekakan diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar