Breaking

Sabtu, 14 Oktober 2017

Cara Membuat Kerajinan Dari Kaleng Yang Mudah Dibuat

Cara Membuat Kerajinan Dari Kaleng Yang Mudah Dibuat- Kerajinan dari kaleng merupakan kerajinan yang bisa kita buat dari kaleng-kaleng bekas, entah itu dari kaleng minuman atau kaleng bekas makanan seperti sardin kaleng. Penggunakan kemasan kaleng untuk menyimpan produk makanan sangatlah efektif, dan untuk orang luar makanan kaleng bertahan hingga berbulan-bulan atau bertahun-tahun asal kemasan kaleng tidak cacat. Sampah kaleng juga menyebabkan polusi karena sulitnya mengurai sampah kaleng dan usaha untuk mengurangi sampah kaleng ini adalah dengan mendaur ulang kebali sampah kaleng. Untuk mendaur ulang sampah kaleng caranya dengan meleburkan kaleng-kaleng bekas tersebut dan dibentuk ulang kembali dan dimaanfaatkan kembali. Kita juga bisa berkontribusi mendaur ulang kaleng-kaleng bekas tanpa harus meleburkannya terlebih dahulu. Kita bisa mendaur ulang kaleng bekas menjadi kerajinan dari kaleng yang unik dan mudah.

Kerajinan dari kaleng bisa saja kita olah menjadi kerajinan yang unik namun bisa saja berfungsi dan membantu keseharian kita. Banyak kerajinan dari kaleng yang bisa kita buat, dan banyak kerajinan dari kaleng yang mudah dibuat. Kerajinan dari kaleng memang berbahan kaleng yang sifatnya keras dan sulit dibentuk, namun diartikel ini saya akan menjelaskan cara membuat kerajinan dari kaleng yang mudah dibuat dan hanya perlu beberapa step saja untuk membuat kerajinan-kerajinan dari kaleng ini. bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah dicari dan didapat dan khususnya lem untuk merekatkan, setiap kerajinan pasti membutuhkan setidaknya lem dan perekat lainnya untuk membuat kerajinan tangan. kerajinan dari kaleng berbeda dengan kerajinan yang berbahan lainya. kaleng sendiri bersifat keras dan sulit untuk dibentuk, maka dari itu diperlukan ide-ide yang kreatif untuk memanfaatkan kaleng bekas ini menjadi kerajinan yang bermanfaat dari pada berseni. kerajinan tangan yang memiliki nilai fungsi akan lebih mudah dibuat untuk bahan dasar kaleng. akan ada banyak cara memanfaatkan kaleng-kaleng bekas menjadi kerajinan yang bisa kita manfaatkan.

Kerajinan dari kaleng bisa berbentuk bermacam-macam. tergantung kekreatifitasan kita, meski kita tidak bisa mengubahn bentuk dasar kaleng, namun kita bisa memanfaatkannya dengan memberi hiasan, memberi warna, atau anda buat menjadi kerajinan seperti contoh gambar kerajinan tangan dari kaleng dibawah ini. anda bisa melubangi kulit kaleng dan membentuknya menjadi pola yang anda mau. seperti yang anda lihat contoh dibawah ini , dilubangi berbentuk love dan anda beri lampu baterai. tentu masih ada cara lainnya untuk memanfaatkan cara membuat kaleng bekas untuk dijadikan kerajinan yang berfungsi atau berseni. disini saya akan menjelaskan cara membuat kerajinan dari kaleng yang mudah dibuat. yang saya maksud mudah dibaut yaitu, hanya dengan satu sampai lima langkah yang mudah saja. dengan begitu anda tidak perlu kuatir seberapa sulit membuat kerajinan dari kaleng.

kerajinan dari kaleng memang kurang populer, maka dari itu kerajinan dari kaleng lebih mudah sebagai hiasan untuk menghiasi ruangan atau untuk hiasan yang bagus. kerajinan tangan dari kaleng dimanfaatkan menjadi tempat untuk menyimpan barang, atau pot bunga juga bisa. tentu bila hanya dimanfaatkan saja tentu tidak memuaskan dan tidak pantas disebut kerajinan tangan. maka dari itu kita perlu mengubahnya menjadi kerajinan tangan yang cantik dengan mempercantik kaleng bekas tersebut dengan memberi warna atau memberi pernak pernik yang menarik untuk kerajinan dari kaleng bekas tersebut. dengan menginovasi kerajinan dari kaleng akan memberi kesan yang berbeda, semakin anda pintar menginovasi maka kerajinan anda akan lebih bagus dengan kerajinan yang orisinal. dengan membuat kerajinan tangan dari tangan anda sendiri akan lebih memuaskan dari pada membeli sendiri dengan uang anda. bila anda kesulitan membuatnya, anda bisa mengajak teman anda untuk membuat kerajinan dari kaleng bekas.

Gambar diatas merupakan salah satu contoh kerajinan dari kaleng yang akan kita buat nanti, lentera dari kaleng merupakan kerajinan dari kaleng yang mudah dibuat karena hanya perlu memberi lubang pada dinding kaleng dan membentuk menjadi bentuk yang kita mau. Masih banyak lagi cara membuat kerajinan dari kaleng yang mudah dibuat. Setelah anda membaca artikel saya ini anda akan tahu bahwa kerajinan dari kaleng bisa dimnfaatkan bila kita punya kreatifitas yang tinggi dan dari mana kita melihatnya. Sebelum kita memulai membahas cara membua kerajinan dari kaleng yang mudah dibuat kita akan membutuhkan bahan-bahan dan alat-alat yang akan diperlukan selama proses pembuatan nanti. dengan mempersiapkan segala bahan-bahan dan alat-alat yang akan dibutuhkan, akan mempermudah proses pembuatan kerajinan tangan dari kaleng bekas nanti. tentu perencanaan yang matang juga akan mempermudah dan melancarkan proses cara membuat kerajinand ari kaleng yang mudah dibuat.
Bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan dalam cara membuat kerajinan dari kaleng yang mudah dibuat adalah:

1. Untuk Membuat Lentera dari Kaleng kita akan membutuhkan:
  • Kaleng bekas
  • Palu
  • Paku
  • Handuk kecil
  • Cat
  • Marker spidol
  • Gunting
  • Kertas
  • Selotip
  • Lampu kecil dengan baterai
2. Untuk Membuat Rak Penyimpanan Barang dari kaleng kita membutuhkan:
  • Lem
  • Benang Rajutan
Siapkan semua bahan-bahan yang saya sebutkan diaatas dan kita akan mulai membahas cara membuat kerajinan dari kaleng yang mudah dibuat.
Baca Juga: Cara Membuat Kerajinan Dari Kardus Susu Yang Mudah Dibuat

Cara Membuat Kerajinan Dari Kaleng Yang Mudah Dibuat

1. Cara Membuat Lentera Dari Kaleng

Pertama-tama kita akan membuat lentera dari kaleng terlebih dahulu dan siapkan bahan-bahan yang sudah saya terangkan diatas. Siapkan kaleng bekas, kaleng yang akan digunakan pada kerajinan tangan kali ini adalah kaleng makanan atau kaleng bekas produk makanan yang dindingnya lumayan tebal, bukan kaleng produk minuman karena dindingnya terlalu tipis dan akan rusak bila kita coba lubangi dengan paku dan palu. kaleng bekas susu kental juga bisa karena ketebalannya sama dengan kaleng produk makanan. Pertama-tama sobek kover kaleng bekas lalu bersihkan kaleng jangan ada bekas lem kover masih melekat pada kaleng, dengan mencuci kaleng akan mempermudah membersihkan lem bekas kover kaleng. Keringkan kaleng dengan handuk lalu cek pada atas kaleng yang biasanya ada besi yang mencuat bekas dari tutup kaleng yang dibuka dan akan berbahaya bila tangan kita tergores, bisa anda tutuping tepinya dengan pita atai anda cabut dengan tang.

Langkah kedua, Untuk membuat kerajinan dari kaleng kita akan membuat desain gambaran untuk melubangi dinding kaleng. ada dua cara membuat desain, bisa kita langsung gambar pada dinding kaleng dengan spidol marker atau anda bisa print gambar dengan pola gambar yang unik atau anda bisa gambar pada dinding kaleng dengan inisial nama anda atau terserah anda. Setelah kita menyiapkan desain untuk kerajinan dari kaleng anda kita akan lanjut pada langkah ketiga.

Langkah Ketiga, Isi kalneg dengan air sampai penuh, lalu simpan kaleng pada freezer agar air dalam kaleng membeku dan akan membuat kaleng tidak rusak saat anda coba melubangi dinding kaleng. Taruh di freezer semalaman atau setidaknya 12 jam agar air dalam kalen benar-benar beku dan solid.

Langkah Keempat, Keluarkan kaleng yang berisi air yang beku dan taruh diatas handuk yang sudah anda siapkan. pada proses cara membaut kerajinan dari kaleng ini kita akan memulai melubangi dinding kaleng dengan paku dan palu. bila anda ingin melubanginya tanpa pola desain, bisa anda coba dengan setiap lubang bercarak satu sentimeter dan pastikan tidak terlalu dekat dan tidak membuat dua lubang menjadi, untuk ukuran paku bisa gunakan paku beton ukuran paling kecil. bila anda ingin menggunakan pola desain yang sudah anda print, tempelkan desain pada dinding kaleng dan rekatkan dengan selotip lalu mulai lubangi dengan paku dan palu, pastikan berjarak satu senti dari lubang yang sudah dibuat dan ikuti pola desain yang sudah anda buat. Sebelum anda mulai melubangi, saya ingatkan untuk selalu berhati-hati dan jangan sampai melukai jari anda sendiri.

Langkah Terakhir, untuk langkah terkahir cara membuat kerajinan dari kaleng ini kita akan menghilangkan es yang masih didalam kaleng dengan cara menyiram dengan air panas agar es cepat meleleh, setelah es meleleh, keringkan kaleng dan kita akan memulai proses mengecat, boleh anda cat biasa dengan kuas dan lebih baik anda cat dengan cat semprot agar hasil lebih rapi. setelah anda cat dan tunggu sampai mengering. setelah mengering taruh lampu bertenga baterai yang kecil didalam kaleng dan rekatkan dengan lem agar tidak lepas dan selamat kerajinan dari kaleng sudah selesai. Kerajinan lentera dari kaleng ini cocok untuk pesta atau dibawa untuk berkemah.

2. Cara Membuat Rak Mini Dari Kaleng Bekas

Untuk kerajinan dari kaleng bekas yang ini hany membuthkan dua lang mudah saja. Langkah pertama adalah mengihas kaleng bekas sesuka anda. anda bisa emnggunakan benang tenun yang sudah andasiapkan untuk menghias kaleng anda atau anda ingin mengecat kaleng atau menempelkan kertas warna pada kaleng. Setelah and selesai menghias kaleng bekas anda kita akan proses pada langkah selanjutnya.

Langkah selanjutnya adalah menumpuk kaleng bekas seperti piramid, rekatkan 3 kaleng bekas yang sudah dihias secara sejajar lalu tumpuk dua kaleng diatasnya dan rekatkan kaleng dengan lem secara sejajar, dan taruh satu kaleng diatas dua kaleng tadi. dengan begini anda punya rak mini terbuat dari kaleng bekas yang sudah dihias dan rak ini berfungsi untuk menyimpan barang-barang kecil atau untuk menyimpan perkakas-perkakas kecil lainnya. untuk model lainnya bisa juga kaleng yang suah anda hias dan and aberi magnet lalu and taruh di kulkas, atau bisa juga anda gantung dengan tali dan dijadikan pot bunga. Banyak sekali model kerajinan dari kaleng yang bisa anda buat dan it tergantung kreativitas anda.

Baca Juga: Cara membuat Slime Dengan Mudah Untuk Pemula
Untuk Lebih detailnya cara membuat kerajinan dari kaleng yang mudah dibuat silhakan simak video dibawah ini.

Kerajinan dari kaleng memiliki banyak kemungkinan untuk dibuat menjadi kerajinan yang unk dan itu tergantung oelh anda dari aman sisi anda melihat. untuk anak-anak, anda juga bisa menghias kaleng bekas menjadi karakter-karakter yang lucu dan unik atau bentuk-bentuk hewan yang lucu. cara membuat kerajinan dari kaleng yang mudah dibuat sudah saya sampaikan dan selamat mencoba. Semoga artikel saya bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar